TRADISI PENYAMBUTAN BINTARA REMAJA DI POLRESTA BUKITTINGGI


Polresta Bukittinggi mempunyai tradisi khusus dalam setiap penyambutan Bintara Remaja yang baru tamat dan ditempatkan di Polresta Bukittinggi. Tradisi tersebut di budayakan sebagai bentuk pengenalan medan dan observasi serta pengalaman khusus yang bisa dikenang oleh setiap Bintara Remaja yang ditempatkan di Polresta Bukittinggi.

Tetapi pada prinsipnya semua kegiatan penyambutan yang dilaksanakan sifatnya mendidik dan tidak berlebihan. Yang salah satu tujuan utamanya yaitu agar para yunior yang baru datang bisa mengenal dan menghormati seniornya yang sudah lebih lama berdinas di Polresta Bukittinggi, serta memiliki disiplin dan loyalitas yang tinggi kepada senior, pimpinan dan tugasnya.

Diantara urut-urutan kegiatan penyambutan yang biasanya dilaksanakan yaitu :

  1. Pertama Bintara Remaja yang ditempatkan di Polresta Bukittinggi di jemput oleh Kabagmin bersama beberapa orang staf Bagmin ke SPN Padang Besi pada saat pelantikan dan pengumuman penempatan dan kemudian diturunkan dari kendaraan di  depan Pasar Amor Kec.Sungai Puar Kab.Agam yang merupakan pintu gerbang wilayah hukum Polresta Bukittinggi dari arah Padang. Pada saat itu senior sebagai penyambut dari Bintara Remaja yang baru datang sudah menunggu di tempat yang sama.
  2. Setelah diapelkan dan dibariskan bintara remaja di perintahkan jalan kaki menuju Polresta Bukittinggi sambil diiringi oleh seniornya, sedangkan barang bawaan semua diamankan dan dibawa dengan kendaraan.
  3. Diperjalanan Bintara remaja tersebut di perintahkan oleh senior melakukan hal-hal yang bersifat peloncoan seperti jalan diselokan, terjun ke kolam, jalan jongkok dengan langkah bebek serta berbagai perintah lainnya dan semua kegiatan dilakukan sambil bernyanyi di sepanjang perjalanan.
  4. Sampai di Polresta Bukittinggi kembali di apelkan, senam  untuk pelemasan sebentar, setelah diberikan pengarahan dan petunjuk  oleh senior kemudian barang bawaannya dikembalikan dan setelah itu diperintahkan istirahat dan membersihkan diri ke Barak yang telah disediakan, selanjutnya kegiatan penyambutan dianggap selesai.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s