Pengejaran Dan Penangkapan Pelaku Pembobol ATM


Aksi Perampokan
Aksi Perampokan

Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2010 sekira pukul 03.45 Wib di Komplek Kampus Universitas Bung Hatta Jl. Sumatera Ulak Karang Kel. Ulak Karang Kec. Padang Utara Padang telah terjadi pencurian 1 unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Bukopin dan 1 unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BPD serta pengrusakan terhadap 1 unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI.

Dari hasil identifikasi sementara diketahui bahwa pelaku mencuri dan membawa mesin ATM Bank BPD, mengambil uang yang ada didalam mesin ATM Bank Bukopin serta merusak mesin ATM Bank BNI dengan menggunakan las. Dari hasil rekaman CCTV yang ada di Tkp terlihat bahwa pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan peralatan berupa linggis, parang, las karbit, tang, mobil, dan terlihat gambar pelaku yang bekerja membongkar mesin ATM menggunakan topi dan berjumlah 4 orang.

ATM Bukopin
ATM Bukopin

Informasi yang diterima dari pihak Bank BPD menyebutkan bahwa mesin ATM tersebut diisi pada hari Jum’at tanggal 24 September 2010 sebesar Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta Rupiah), sementara itu dari pihak Bank Bukopin mengalami kerugian Rp. 150.000.000,- ( Seratus Lima Puluh Juta ) akibat kejadian ini, sedangkan pihak Bank BNI menyebutkan bahwa ATM BNI yang ada di Tkp dalam keadaan kosong.

Sekira pukul 10.00 Wib di Desa satu Dusun Pauh Kota Pariaman wilayah hukum Polsek Pauh Kota Pariaman telah ditemukan barang bukti mesin ATM dan mesin Las tepatnya di belakang rumah An Rahmad , 38 thn swasta , minang , Desa satu Dusun Pauh Kota Pariaman dan Eni Erawati ( istri Rahmad ), 36 thn , Minang , R.Tangga ,Sda TKP yang ikut terlibat dalam komplotan pembobol mesin ATM ( anjungan tunai mandiri ) di Universitas Bung Hatta Padang.

Mobil yang digunakan perampok
Mobil yang digunakan perampok

Setelah meninggalkan mesin ATM di Kota Pariaman para pelaku pembobol mesin ATM di Universitas Bung Hatta Padang para pelaku melarikan diri ke Kota Bukittinggi melalui daerah Malalak dengan menggunakan mobil Avanza warna Silver No.Pol. BM 1283 QH .

Kapolres Bukittinggi
Kapolres Bukittinggi

Para pelaku dapat di lumpuhkan oleh jajaran Polres Bukittinggi setelah sebelumnya sempat melakukan perlawanan / kontak senjata dengan petugas yang akan melakukan penangkapan di Jorong Ladang Lungguak Batu Kec Banu Hampu Kab Agam. Penangkapan dilakukan setelah di dapat informasi dari Polda Sumbar bahwa pelaku pembobolan 3 (tiga) ATM Bank BNI, Bank Bukopin dan Bank Nagari di Kota Padang melarikan diri ke arah Pekanbaru Propinsi Riau, kemudian jajaran Polres Bukittinggi langsung menggelar razia dan menutup akses pintu masuk dan keluar dari kota Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bukittinggi WISNU ANDAYANA, SSt, MK, adapun tempat penghentian/penangkapan para pelaku bertempat di Jorong Lungguak Batu Kenagarian Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kab. Agam, dimana pada saat mobil para pelaku dihentikan para pelaku melakukan perlawanan dan lari ke arah lereng Gunung Singgalang. Dari penggerebekan/penangkapan tersebut jajaran Polres Bukittinggi berhasil membekuk 6 (enam) orang pelaku yakni :

Para pelaku adalah :

  1. Pak De ( Meninggal dunia ) Dalam Pengejaran oleh Polres Bukittinggi
  2. Wisnu Wibowo Alias Bento ( Meninggal dunia ) Dalam Pengejaran oleh Polres Bukittinggi
  3. Sudirman , 30 thn , Jambi (luka tembak meninggal dalam perawatan di RS Bhayangkara Padang)
  4. Hendra , 30 thn , Jambi (luka tembak meninggal dalam perawatan di RS Bhayangkara Padang)
  5. Emiksan (Luka tembak)
  6. Khairil (luka tembak)
  7. Rahmat, Jambi, (dalam pengejaran)
  8. Iwan, Pariman (dalam pengejaran)

Senjata perampok
Senjata perampok

Barang Bukti yang ditemukan setelah para pelaku tertangkap :

a. 3 ( tiga ) pucuk senpi genggam jenis Baretta buatan Belgia

b. 20 ( dua puluh ) butir Amunisi

Uang hasil rampokan

Uang hasil rampokan

c. 3 ( tiga ) buah selongsong peluru .

d. 5 ( lima ) kantong uang hasil rampokan

e. 1 ( satu ) unit mobil jenis Toyota Avanza warna Silver BM 1283 QH.

Pengejaran serta penangkapan para pelaku pembobol Mesin ATM di Kampus Universitas Bung Hatta Padang yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Brigadir Jendral Polisi Drs Andayono.

Berdasarkan hasil identifikasi sementara dan gambar dari rekaman CCTV yang ada di Tkp terlihat pelaku dalam melaksanakan aksinya mengunakan peralatan berupa las dan linggis serta menggunakan senjata api untuk melumpuhkan petugas pengamanan yang ada di Tkp, selain itu diprediksi pelaku telah melakukan pengamatan di Tkp sebelum melaksanakan aksinya dan pada saat petugas pengamanan tertidur pelaku memanfaatkan situasi dan langsung menyekap saksi-saksi.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pengejaran Dan Penangkapan Pelaku Pembobol ATM

  1. tedi berkata:

    Aslkum,,

    Salut buat Polisi Polres Bukitinggi penggerebekan Perampokan ATM minggu yg LAlu..

    reaksi cepat, tepat yg dipimpin Kaporesnya Sangat Efektif..

    _Sukses Selalau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s