Pemeriksaan Senpi Dinas


Beberapa waktu belakangan ini banyak aksi perampokan dengan menggunakan senjata api yang terjadi diberbagai daerah seperti perampokan di Bank CIMB Niaga Medan, perampokan beberapa buah ATM di Padang, perampokan toko mas di berbagai kota di Pulai Jawa. Disamping itu juga bahkan sering terjadi aksi pencurian senjata api organik Polri baik yang dirampok sewaktu anggota polisi sedang melaksanakan tugas, maupun yang dicuri dari rumah tempat tinggal/ asrama Polri ataupun di curi sewaktu ditinggal didalam mobil ketika melaksanakan sholat Jum’at.

 

Pemeriksaan senjata api
Pemeriksaan senjata api

Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap pengamanan senjata api dinas yang di pegang anggota, Polres Bukittinggi melakukan pemeriksaan senpi berkala yang dipimpin langsung oleh Waka Polres Bukittinggi. Bagi  anggota yang Kartu Ijin Pemegang senjata apinya sudah mati, atau yang senjatanya rusak, kotor dan tidak layak pakai, maka senpi yang dipegang di tarik dan tidak dikembalikan lagi kepada anggota yang bersangkutan.

 

Pengecekan senpi
Pengecekan senpi

Memasuki tahun 2011, pada hari Sabtu tanggal 29 Januari 2011 sekira Pukul 09.00 Wib, sekitar satu jam yang lalu di halaman Mapolres Bukittinggi, telah dilaksanakan pemeriksaan senpi dinas yang dipegang oleh anggota se jajaran Polres Bukittinggi. Yang mana pada pemeriksaan tersebut dipimpin langsung oleh Waka Polres Bukittinggi Kompol Herri Rio Prasetyo, Sik. Seluruh anggota yang memegang senjata api dinas baik ditinggkat Polres maupun ditingkat Polsek se – jajaran Polres Bukittinggi wajib hadir untuk dilakukan pemeriksaan terhadap senpi dan kartu ijinnya.

Dari 169 pucuk senjata api dinas yang di pegang anggota, pada pemeriksaan tersebut sebanyak 20 pucuk ditarik, dan 39 pucuk dikembalikan sebelum pemeriksaan karena kartu ijin pegang senpinya suda mati, dan sebagian lagi karena mutasi.

 

Apel riksa senpi
Apel riksa senpi

Terhadap anggota yang mengurus pinjam pakai senjata api harus memenuhi prosedur standar diantaranya Lulus tes psikologi yang diadakan oleh Polres Bukittinggi dengan mendatangkan tim Piskologi dari Polda Sumbar, rekomendasi dari Kapolsek, Kasat, Kabag dan pertimbangan lain dari pimpinan tentang layak atau tidaknya terhadap anggota tersebut untuk diberikan ijin memegang senjata api.

 

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s