Pengkaderan Anti Narkoba di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa


Dalam rangka mendukung program Zero Lahgun Narkoba di wilayah hukum Polda Sumbar, pada hari Senin tanggal 16 Juli 2012 bertempat di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Barat Ibu Elok Indra Pramugari melaksanakan kegiatan Pengkaderan Anti Narkoba di kalangan Pelajar dan Mahasiswa serta Pelatihan Konseling Para Guru se Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang dan Kab.Agam. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut Ibu Elok Indra Pramugari menggandeng Yayasan Cinta Anak Bangsa Indonesia (YCAB) dan Badan Narkotika Propinsi (BNP) Sumatera Barat dalam memberikan bimbingan, penyuluhan, dan motifasi kepada Pelajar dan Mahasiswa sebagai generasi muda calon pemimpin dimasa depan yang akan dijadikan kader sebagai perpanjangan tangan dalam menyukseskan gerakan anti narkoba khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Serta memberikan bimbingan konseling kepada guru-guru BP yang akan melaksanakan tugas dalam membimbing dan mengarahkan serta memotifasi siswanya di lingkungan sekolah masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung hampir 9(sembilan) jam dari jam 08.00 wib sampai dengan pukul 17.00 wib di lewati dengan semangat dan terasa singkat. Tidak ada satupun peserta yang mengantuk atau merasa bosan, semua mengikuti kegiatan dengan hikmat dan semangat. Hal ini disebabkan karena peran dan metode penyampaian team yang dapat diterima dan disenangi oleh semua peserta.

Ibu Elok Indra Pramugari sebagai Ketua Team berhasil membius peserta, sehingga terbuai hanyut dengan perasaan, bagaimana orang-orang yang ditadirkan cacat tetap bisa semangat, dapat melakukan hal-hal yang sebenarnya mustahil mereka bisa lakukan. Hal ini meningkatkan motifasi bagi para pelajar dan mahasiswa bagaimana mereka yang dikaruniai anggota tubuh yang lengkap mana boleh gampang menyerah apabila terbentur suatu permasalahan yang tentunya sesuai semboyan Ibuk Elok ” Permasalahan itu kecil, Aku mempunyai tuhan yang lebih besar,aku akan tanggulangi dan selesaikan semuanya”.  AKP Ratna Juwita dengan gaya dan yel-yelnya yang berapi-api menyemangati peserta pelatihan sehingga selalu optimis dengan masya depan. Dr. Eka Purnamasari dengan presentasinya terhadap dampak dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan Penyakit Menular Seksual yang rentan terkena HIV dan AIDS, secara tidak langsung membuat peserta sangat takut untuk melakukan perbuatan yang dapat merugikan dirinya sendiri, terlebih lagi setelah mengikuti presentasi dan penuturan dari Sdr.Alil seorang anggotaTeam dari  BNP yang menuturkan pengalaman dirinya selama 15 (lima belas) tahun terjerat dengan narkoba sebelum di rekrut jadi anggota BNP. Kemudian dilengkapi dengan aksi kocak dan guyonan dari Dr. Andi dan Sdr. Erdi dari YCAB dalam memberikan pelatihan peningkatan daya ingat dan kosentrasi peserta yang membuat semua peserta yang hadir diruangan tersebut tidak sanggup menahan rasa geli untuk tidak tertawa.

Pada kesempatan penyampaian saran dan kesan dari peserta pelatihan Pengkaderan Anti Narkoba dan bimbingan konseling para Guru, salah seorang perwakilan majelis guru menyampaikan pendapatnya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dia merasa berterima kasih dan bersyukur mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari Team. Disamping itu diantara peserta yang menyampaikan pesan dan kesan selama mengikuti pelatihan tersebut ada diantara peserta yang mengusulkan agar kegiatan ini juga dilaksanakan kepada Anjal (Anak Jalanan) karena orang-orang inilah yang paling rentan terhadap penyalahgunaan Narkoba.

Dari keterangan Dr. Eka Purnamasari salah seorang anggota Team menjelaskan, kegiatan Pengkaderan Anti Narkoba ini merupakan yang ke empat kali dilaksanakan oleh Ibu Elok Indra Pramugari dan Team di Jajaran Polda Sumbar. Pertama kali dilaksanakan di Polresta Padang, yang kedua di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh dan Polres 50 Kota, yang ke tiga di Polres Pasaman Barat dan yang keempat dilaksanakan kemarin pada hari Senin tanggal 16 Juli 2012 di Auditorium Pustaka Bung Hatta gabungan untuk 3 (tiga) Polres yaitu Polres Bukittinggi, Polres Padang Panjang dan Polres Agam.

Berdasarkan informasi yang didapat dari anggota Team lainnya, bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan di Polres-Polres  jajaran Polda Sumbar secara berlanjut dari Polres yang satu ke Polres yang lain sampai selesai ke 19 (sembilan belas) satwilnya . Setelah Polres Bukittinggi, Polres Padang Panjang dan Polres Agam sesuai rencana Team akan melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polres Sijunjung pada hari Rabu tanggal 18 Juli 2012.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s