Terobosan Kreatif Dalam Pembinaan Tahanan di Rutan Polres Bukittinggi


Dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat, khususnya di bidang perawatan tahanan, Polres Bukittinggi telah melakukan terobosan kreatif dalam bentuk pembinaan dan perlakuan terhadap tahanan di Rutan Polres Bukittinggi. Terobosan untuk menciptakan perubahan main set dan cultur set bagaimana semula image ruang tahanan yang angker dan kejam menjadi ruang pembinaan yang bersih, sehat dan humanis. Tidak ada kekerasan, menghilangkan kesan keangkeran dengan penataan ruang yang sehat, indah, bersih dan nyaman dengan harapan tahanan yang menjadi penghuni rutan Polres Bukittinggi merasa seperti berada dirumahnya sendiri, serta setelah keluar mendapat kesan positif dari program pembinaan dan perlakuan selama berada di Rutan Polres Bukittinggi.

Untuk mendapatkan kesan zero kekerasan dan humanis, Kapolres Bukittinggi Drs.Eko Nugrohadi, M.Si memerintahkan keseluruh jajaran agar melaksanakan pelatihan polisi yang ramah dan mudah senyum kepada semua orang tanpa terkecuali terhadap tahanan Polres Bukittinggi. Dan untuk menciptakan ruang tahanan yang sehat, bersih dan nyaman sehingga merasa berada dirumah sendiri bagi tahanan, Bapak Kapolres memerintahkan kepada Sat Tahti selaku pembina Fungsi untuk melakukan perubahan beberapa hal diantaranya :

  1. Pengadaan ruang tahanan khusus untuk perempuan dan anak dengan pemakaian warna cat dinding yang cerah, alas tidur dan kasus yang bagus, memasang poster-poster pada dinding kamar yang sesuai dengan kesenangan perempuan dan anak.
  2. Pengadaan dispenser disetiap ruang tahanan baik di lantai atas maupun dilantai bawah sehinga tahanan dapat minum air bersih setiap saat yang selalu dikontrol ketersediaan airnya setiap hari baik oleh Sat Tahti maupun oleh petugas piket tahanan.
  3. Pengadaan lemari pakaian tahanan untuk menyimpan pakaian dan barang pribadi milik tahanan.
  4. Memelihara kebersihan bersama setiap hari baik oleh tahanan sendiri maupun oleh personil Sat Tahti dan petugas piket.
  5. Melakukan cek kesehatan rutin tahanan yang dilaksanakan oleh personil Polipol Polres Bukittinggi.
  6. Pengadaan perpustakaan dan televisi dengan antene berbayar untuk sarana belajar dan informasi sehingga para penghuni tahanan bisa belajar dan mendapatkan informasi walau berada diruang tahanan.
  7. Pengadaan ruang olah raga supaya tetap fit walau berada ditahanan.

 Disamping disediakan berbagai fasilitas umum seperti yang di sebutkan diatas, untuk peningkatan aqidah dan pembinaan, juga disediakan ruang khusus untuk sholat yang dibuat seperti sebuah mushola. Semua penghuni rutan di wajibkan melaksanakan sholat jamaah setiap masuk waktu sholat. Untuk imam sholat jamaah di tunjuk personil Polres Bukittinggi secara bergiliran dan bahkan Bapak Kapolres pun kadang bertindak sebagai imam.

 Selesai melaksanakan sholat jamaah seluruh tahanan diwajibkan belajar membaca Alqur’an yang dibimbing oleh Aiptu Amar Ma’ruf dan  Buya Yurnamal. Kemudian dilanjutkan dengan giat pembinaan dalam bentuk pemberian nasehat-nasehat supaya kedepan setelah bebas menjadi lebih baik dan tidak mengulangi lagi perbuatannya yang melanggar hukum.  Pemberian nasehat dan pembinaan ini dilakukan oleh pejabat Polres Bukittinggi secara bergiliran.  

 Seluruh kegiatan pembinaan dan perawatan tahanan setiap hari selalu di kontrol oleh Kapolres Bukittinggi. Setiap kekurangan selalu dilakukan pembenahan, yang mana terkandung maksud agar tahanan yang keluar atau dipindahkan dari rutan Polres  Bukittinggi mendapatkan kesan baik tentang Polri khususnya Polres Bukittinggi.

 Adapun yang menjadi dasar pemikiran timbulnya niat untuk melaksanakan terobosan kreatif dalam rangka pembinaan dan perlakukan terhadap tahanan di Rutan Polres Bukittinggi ini, adalah menyikapi adanya beberapa kasus kekerasan terhadap tahanan bahkan ada yang sampai meninggal di rumah tahanan negara pada jajaran Polri se Indonesia. Berdasarkan kejadian tersebut maka Kapolres Bukittinggi Akbp Drs.Eko Nugrohadi, M.Si selaku idea creator melakukan terobosan dengan harapan semoga hal yang posotif ini dapat dijadikan acuan dan tolak ukur dalam perawatan tahanan pada rutan Polrise Indonesia.

 Untuk menyukseskan program ini Bapak Kapolres tidak hanya membebankan kepada Sat Tahti selaku pembina fungsi perawatan tahanan dan barang bukti, melainkan dengan melibatkan seluruh perwira dari Polres sampai ke polsek-polsek se jajaran Polres Bukittinggi. Pada setiap kesempatan apel satuan dan rapat staf bapak Kapolres selalu mengulang, menekankan dan mengingatkan agar terobosan ini tetap dijadikan standar operasional prosedur perawatan tahanan khususnya di jajaran Polres Bukittinggi.

 Walaupun inovasi pembinaan tahanan ini baru berjalan beberapa bulan, Polres Bukittinggi telah mendapat pujian dan dinyatakan sebagai Rutan Polres terbersih se Indonesia oleh Tim Kompolnas sewaktu melaksanakan penilaian ke Polres Bukittinggi pada awal bulan Oktober 2012 yang lalu. Tim Kompolnas yang berjumlah sebanyak 4 orang, masing-masing DR Hamidah, SH.M.Hum, Kombes Tetra, Akbp Pratiwi dan Drs. R. Doni mengatakan penilaian mengacu kepada ruang tahanan yang bersih, pelayanan tahanan yang baik, kerapian masing-masing kamar serta ketersediaan sarana ibadah dan fasilitas belajar dan informasi sehingga Rutan Polres Bukittinggi laik untuk diajukan sebagai Rutan Percontohan se Indonesia.

 

 

 

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Terobosan Kreatif Dalam Pembinaan Tahanan di Rutan Polres Bukittinggi

  1. Ivan Bur berkata:

    alhamdulillah, ada kemajuan dalam rutan di kapolres bukittinggi ……………………..!
    maju terus …

  2. adrian berkata:

    Mudah2an Kopolri mau memperhatikan kreatifitas jajarannya untuk jadi percontohan seluruh Indoneisa

  3. M. Eddy sumaryo berkata:

    Alhamdulillah mudah2an Kapolri dpt mengambil dan menerapkan apa yg telah dilakukan Kapolres Bukittinggi dan memerintahkan seluruh jajaran dg SK utk dijadikan standarisasi pelayanan tahanan se Indonesia. Barangkali ini bukan hanya terbaik di Indonesia ttp Dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s