Aksi Perampokan di Kantor DKP Bukittinggi Terekam CCTV


rekaman CCTVAksi nekad perampok melakukan pencurian dengan kekerasan (Curas) disiang bolong menimpa Pimpinan PT Lido Travel Bukittinggi, Erta Aini (32), Jumat (22/11/2013). Ditempat yang ramai dalam pusat kota Bukittinggi pelaku tanpa sungkan-sungkan melakukan aksinya.

Pada kejadian tersebut, kawanan perampok berhasil membawa kabur uang tunai sebesar Rp150 juta. Peristiwa itu sendiri terjadi sekitar pukul 15.58 WIB. Dari tayangan video kamera pengintai atau kamera CCTV yang merekam kejadian tersebut, dua kawanan perampok itu berhenti di samping kiri mobil korban yang baru saja diparkir di depan Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bukittinggi, yang berada di Jalan Yos Sudarso kawasan Pasar Atas Bukittinggi.

Korban yang baru turun dari mobil, mendadak kaget melihat kedatangan pelaku. Seorang pelaku berusaha merampas kantong kresek warna hitam yang berisi uang tunai Rp150 juta, yang dibawa korban. Melihat kejadian itu, korban sempat berusaha untuk melakukan perlawanan untuk menyelamatkan uang tunai itu. Namun, tenaga pelaku terlalu kuat dan berhasil merampas kantong yang berisi uang tersebut.

Setelah mendapatkan barang yang diincarnya, dua kawanan perampok itu akhirnya menancap gas kendaraannya untuk melarikan diri dan menghilang tanpa jejak.

Dari rekaman video CCTV itu, dua kawanan perampok itu diketahui menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam dan putih, tapi tidak jelas nomor polisinya. Pelaku yang mengendarai sepeda motor menutup wajahnya dengan menggunakan helm standar dan mengenakan pakaian warna hitam-hitam. Sementara pelaku di belakang yang dibonceng dan merampas uang si korban mengenakan baju putih-putih.

Sementara itu, Ade, salah seorang saksi mata mengatakan, saat kejadian dirinya berada tak jauh dari lokasi kejadian. Menurut Ade, waktu itu dirinya bermaksud hendak memasukan baju ke dalam jok mobil. Ketika menoleh saat ada teriakan, ia melihat seorang pria merampas barang yang dibawa seorang perempuan, lalu pelaku itu kabur tanpa sempat dikejar.

Terkait kejadian ini, Kapolres Bukittinggi AKBP Amirjan mengatakan, korban atas nama Erta Aini telah melapor kejadian tersebut ke Mapolres Bukittinggi, dengan nomor laporan LP/613/K/XI/SPKT2013.

Kapolres menjelaskan, sebelum kejadian korban memperoleh cek senilai Rp 150 juta dari DKP Bukittinggi. Cek itu sendiri lalu dicairkan ke Bank Nagari kawasan Pasar Atas Bukittinggi. Setelah mencairkan uang tunai, korban kembali ke Kantor DKP Bukittinggi. Namun malang, saat turun dari mobil, korban dirampok dua pria tak dikenal.

“Dari keterangan awal, tidak ada senjata yang tampak dibawa pelaku. Namun, tak tertutup kemungkinan pelaku membawa senjata, dan bisa saja pelaku itu mengeluarkan senjatanya jika mereka terdesak,” jelas Kapolres Bukittinggi.

Belum dapat disimpulkan apakah pelaku merupakan pemain baru atau pemain lama, karena sama-sama berpotensi. Dihimbau kepada masyarakat untuk menggunakan jasa kepolisian jika ingin membawa uang dalam jumlah besar atau membawa barang dengan nilai yang besar.

“Untuk eksalasi tinggi kasus curat, curas dan curanmor di wilayah hukum Polres Bukittinggi, telah dibentuk tim khusus (timsus) untuk pengejaran, pengungkapan dan penangkapan. Ada tiga tim dalam timsus ini, yang masing-masing tim berjumlah 10 personil. Mereka semua dipersenjatai dan diinstruksikan untuk tembak di tempat jika menemui pelaku bersenjata yang bisa mengancam keselamatan korban, masyarakat dan petugas,” Kapolres Bukittinggi menambahkan.

 

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s