TES PSIKOLOGI BERKALA 2016


IMG_1625Mengindari penyalahgunaan senjata api (senpi), Polres Bukittinggi dan jajarannya menggelar tes psikologi, Kamis (21/4). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Polres Bukittinggi yang diikuti 131 personel jajaran Polres Bukittinggi dengan mendatangkan Tim Psikologi dari Polda Sumbar.

Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi, Sik, M.H mengatakan, tes psikologi ini dilakukan enam bulan sekali. Tujuannya untuk meminimalisir penyalahgunaan senpi oleh anggota polri.”Dalam tes ini, yang diukur adalah sikap atau perilaku anggota,” katanya, Kamis (21/4).

IMG_1626Dari hasil pemeriksaan tes psikologi nanti akan dilihat bagaimana tingkat emosi dan perilaku anggota polri. Apakah memenuhi syarat atau tidak untuk memperoleh senpi. Menurut dia, anggota yang sebelumnya memegang senpi bisa dicabut jika tidak lulus tes psikologi.

”Ini tergantung dari hasil tes nantinya,” tegasnya.

Tes psikologi ini, waktu yang diberikan kepada peserta untuk mengisi soal pada tes ini sekitar dua jam. Ada tiga item yang dites, yaitu tes kepribadian, sikap kerja, dan tes kecerdasan atau logika berpikir.

”Tiga item ini untuk mengukur sikap kerja, emosional, dan kecerdasan atau intelektual anggota,” jelasnya.

IMG_1634Sementara itu, Wakapolres Bukittinggi Kompol Iwan Ariyandhy, Sik mengatakan, tes psikologi ini sangat penting untuk menghindari anggota polisi melakukan hal-hal diluar prosedur. Terutama dalam penggunaan senpi.

”Artinya, anggota yang memegang senjata api bukan orang sembarangan. Melainkan yang sudah melalui tes dan mekanisme yang diatur dalam peraturan kapolri.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Kutipan | Pos ini dipublikasikan di SEPUTAR BUKITTINGGI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s