5.Sat Lantas

Sat Lantas

Kasat Lantas, adalah unsur pelaksana pada tingkat Mapolres yang bertugas memberikan bimbingan tehnis atas pelaksanaan Fungsi Lalu Lintas dilingkungan Polres serta menyelenggarakan dan melaksanakan Fungsi tersebut yang bersifat terpusat pada tingkat wilayah / antar Polsek dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas operasional pada tingkat Polres.

  1. Dalam melaksanakan tugas Sat lantas menyelenggarakan Fungsi :
    • Memberikan bimbingan tehnis atas pelaksanaan Fungsi tehnis Lalu Lintas pada tingkat Polres.
    • Menyelenggarakan administrasi registrasi / identifikasi kendaraan bermotor yang dipusatkan pada tingkat Mapolres.
    • Menyelenggarakan dan pembinaan partisipasi masyarakat melalui kerjasam lintas sektoral, pendidikan masyarakat dan pengkajian masalah dibidang lalu lintas.
    • Penyelenggaraan operasi Kepolisian dibidang lalulintas dalam rangka penegakan hukum dan ketertiban lalulintas.
    • Memberikan bantuan operasional atas pelaksanaan Fungsi lalu lintas pada tingkat Polres termasuk dalam rangka pengungkapan kasus – kasus kecelakaan lalulintas yang menonjol.
    • Menyelenggarakan administrasi operasi termasuk pengumpulan, pengolahan dan penyajian data/informasi baik yang berkenaan dengan aspek pembinaan maupun pelaksanaan Fungsinya.
    • Sat Lantas Polres dipimpin oleh Kasat Lantas Polres yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kapolres dan pelaksanaan tugas sehari – hari dikoordinasikan oleh Kabag Ops maupun Wakapolres.
    • Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya Kasat Lantas dibantu oleh Kanit dan Kasubnit.
    • KBO Sat Lantas disingkat Kepala Urusan pembinaan Operasi lantas yang bertanggung Jawab kepada Kasat Lantas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Kasat Lantas. KBO dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dibantu oleh kanit Patroli, Kanit Dikyasa, dan kanit laka lantas.KBO lantas membawai tentang urusan Administrasi anggota dan ketatausahaan serta sejumlah unit.
  2. Kasat Lantas dalam pelaksanaannya dibantu oleh :
    • KBO Sat Lantas disingkat Kepala Urusan pembinaan Operasi lantas yang bertanggung Jawab kepada Kasat Lantas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Kasat Lantas. KBO dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dibantu oleh kanit Patroli, Kanit Dikyasa, dan kanit laka lantas.KBO lantas membawai tentang urusan Administrasi anggota dan ketatausahaan serta sejumlah unit.
    • Kanit Patroli Sat Lantas disingkat kepala Unit Patroli bertanggung jawab kepada Kasat Lantas dan dibawah naungan KBO Sat Lantas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Kasat Lantas.Kanit Patroli dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya dibantu oleh Unit Patmor dan Unit Gaktur. Kanit Patroli membawai tentang urusan unit patmor dan unit Gaktur serta administrasi.
    • Kanit Laka Satlantas . disingkat Kepala Unit Laka yang membawahi tentang urusan unit Laka dan Administrasi Laka serta bertangung jawab kepada Kasat Lantas dan dibawah naungan KBO Sat Lantas dalam pelaksanaan tugas sehari – hari dibawah kendali Kasat Lantas. Kanit Laka dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibantu oleh unit Laka.
    • Kanit Dikyasa Sat Lantas, disingkat Kepala Unit Dikyasa bertanggung jawab kepada Kasat Lantas dan dibawah naungan KBO Sat Lantas, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Kasat Lantas.

16 Balasan ke 5.Sat Lantas

  1. giring2 berkata:

    Bapak kasat lantas polresta bukittinggi,kami masyarakat bukit apit,mintak tolong untuk menangkap yang nama nya AL botak dan adik nya WAN.karena mengedarkan shabu2 milik anggota sat narkoba polresta bukittinggi BRIPKA I simarmata…….kami sebagai rakyat sangat resah,atas kelakuan BRIPKA I simarmata dan kaki tangan nya,,,,,,

  2. deri berkata:

    pak polresta bukittinggi d daerah saya sering 2 orang anak menghisap ganja udah meresah kan masyarakat dan tlng tangkap aja pak ……klu bapak bersedia saya akan tunjuk an siapa anak tersebut dan fb ada sama sya klu bapak mau lihat foto anak tersebut tpi tlng jangan blng klu saya yg memberitahua kpada bapak tlng d rahasia kan

  3. abdullah berkata:

    Berhubung Bukittinggi adalah kota wisata…..mari kita ciptakan Bukityinggi yang ramah, tertib dan aman…..dan yg plg penting adalah agamis.

    Saya membaca keluhan teman saya di FB…..tentang….masalah uang parkir di aur kuning yg luar biasa…..mobil 10000….motor 5000….

    Apakah memang sebesar itu uang parkir di aur kuning….kalau bukan sebesar itu….tolong ditertibkan….terimakasih.

  4. ma tau wak tu berkata:

    tolong ditindak lanjuti @BRIPKA ENDI SUWANTO anggota lantas bukittinggi, melakukan penangkapan sepeda motor di komplek perumahan masyarakat, dan membawa kabur sepeda motor masyarakat tanpa memberi surat tilang.. POLANTAS jangan kayak MALING, kalaw mau membawa motor masyarakat jangan main kabur saja.. berikanlah surat tilang, agar kami mudah melakukan pengurusannya.. trims wassalam

  5. tedi 1 berkata:

    Salut buat Pak Polisi Polresta Bukit Tinggi, Keamrin penggerebekan di Agam keren. Meskipun Brimob mungkin telat datangnya, tapi kontak tembak yg terjadi berhasil melumpuhkan “perampok” ATM yang notabene kejadiannya baru beberapa jam.

    langsung melakukan pengejaran dan berhasil di Bekuk,, Aksi nya KEREN saya liat liputan di METRO dan TRANS 7..

    TEtap Profesional dan Amanah. Sukses Selalu.

    _ oNe 1… SMP N 14 “Jamuju”

  6. tedi 1 berkata:

    Salut buat Pak Polisi Polresta Bukit Tinggi, Keamrin penggerebekan di Agam keren. Meskipun Brimob mungkin telat datangnya, tapi kontak tembak yg terjadi berhasil melumpuhkan “perampok” ATM yang notabene kejadiannya baru beberapa jam.

    langsung melakukan pengejaran dan berhasil di Bekuk,, Aksi nya KEREN saya liat liputan di METRO dan TRANS 7..

    TEtap Profesional dan Amanah. Sukses Selalu.

    _ oNe 1…

  7. Manyun berkata:

    makasih utk para personil lantas polresta bukittinggi…..
    sukse selalu dlam menjalankan tugas2 nya…
    walaupun 815 lagi tidak bersahabat,, tapi tetep melaksanakan tugas…

    chayoooo…. ^_^

  8. dina berkata:

    salut untuk polantas bukittinggi,kemaren saya ketagkap ama polantas bukit,kebetulan saya tidak pake helem,trus saya terangkan sama polisi itu saya korban gempa,polisi itu terharu melihat kondisi saya,kemudian saya ngak jadi di tilang ,dan slut saya sam polisi itu ,saya di belikan helem, makasih pak mudah2han Allah membalas kebaikan bapak.amiiin ………

  9. andi berkata:

    kenapa di solok ngak kayak bukit,lalu lintass di bukit, tertib,petugasnya ramah2,kemaren saya lag menunggu mobil di padang luar ,trus ada orang yang mau menyebrang jalan,dengan senang hati polantas yang dinas d padang luar untuk menyebrangi orang itu,padahal hari hujan lebat,saya berharab polisi yang di kampung saya juga kayak di bukit juga,makasih

  10. andi berkata:

    sya salut dengan anggota sat lantas rsta bukit,yang delalu menjalankan tugas dengan tidak mengenal lelah dan hujan panas,coba kalao ngak ada polantas pasti padang luar akan sangat macet sekali,makasih pak

  11. Tania berkata:

    Saya ingin melaporkan sikap seorang polisi dengan identitas BRIPDA RHOMI BA SAT LANTAS POLRESTA BUKITTINGGI UNIT OPSNAL.
    Pada tanggal 24.9.2009 sekitar pukul 5sore saya dan teman2 merasa mendapat pelecehan oleh anggota kepolisian yg bernama Rhomi karena dia mencoba memulai percakapan yg tidak seharusnya dibicarakan dalam konteks saat itu. Saat itu saya datang ke pos polisi daerah kampung cina bukittinggi karena melakukan kesalahan. Di pos polisi saudara Rhomi bukannya membereskan masalah tilang malah mengomentari tubuh saya dan berbicara seperti orang yg tidak punya moral. Dia mencoba menggoda dan meminta saya untuk duduk di pangkuannya. Saudara Rhomi juga meminta saya dan teman2 saya untuk mencium temannya yg saat itu juga sdg bertugas di pos yg sama agar saya terbebas dari tilang.
    Saya meminta pihak kepolisian menindaklanjuti sikap aparat yg tidak pada tempatnya. Mau dibawa kemana moral Indonesia kalo aparatnya punya moral bobrok kayak saudara Rhomi.
    terima kasih.

  12. QHITINK berkata:

    sukses buat Lantas Polresta Bukittinggi….
    Cayo…..bentar lg RemuNeRaSi……

    Tetep SemanGat….semangat…semangat….
    hehehehehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s