PENERIMAAN TARUNA AKPOL TA 2009

Akan dibuka pendaftaran Taruna/Taruni  Akpol TA 2009 pada tanggal 4 Mei s/d 6 Juni 2009 di Biro Personil Polda Sumbar dengan persyaratan sbb :

Sumber SMU / sederajat :

  • Berijazah SMU/ sederajat.
  • Umur maksimal pada saat buka Dik Taruna Akpol 21 tahun.
  • Nilai UAN dengan Rata-rata tertinggi sesuai standar Provinsi.
  • Bagi lulusan tahun 2009 menggunakan Surat Keterangan dari Kepsek dan menyerahkan hasil Lulus setelah Ujian Nasional .
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama Diktuk.
Taruna/Taruni Akpol

Taruna/Taruni Akpol

Sumber Sarjana :

  • Lulus S1/S2 berasal dari PT yang terakreditasi A dan atau B.
  • Displin Ilmu yg dipersyaratan adalah Ilmu Hukum dan Fisip Sospol.
  • Transkrip Nilai rata-rata S1 IPK : 2,75 dan S2 IPK : 3,0.
  • Umur pada saat dibuka Dik Tar Akpol TA 2009 S1 maksimal  28 tahun dan S2 maksimal 30 tahun.
  • Calon Taruna/Taruni sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan.

Sumber Brigadir Polisi :

  • Brigadir Polisi yang telah melaksanakan dinas minimal 1 tahun selesai magang.
  • Berijazah SMU /sederajat.
  • Mempunyai nilai UAN sesuai standar tertinggi provinsi.
  • Melampirkan Dapen dengan nilai minimal 75 dan surat keterangan hasil penelitian(SKHP) dari yang berwenang.
  • Usia saat pembukaan Diktuk Taruna Akpol TA 2009 maksimal 24 tahun.
  • Calon yang sedang melaksanakan tugas khusus di wil atau diluar Satker dapat mendaftar di Panda tempat bertugas.
  • Bagi calon yang memiliki ijazah sarjana berlaku ketentuan Catar sumber sarjana.
  • Tinggi badan untuk sumber Catar dari SMU dan Brig Pol Pria minimal 163 CM dan wanita minimal 160 CM.
  • Tinggi badan untuk sumber sarjana S1/S2 Pria minimal 160 Cm dan wanita 155 CM.
  • Bersedia menjalani iktan dinas selama 10 tahun TMT mulai diangkat menjadi perwira Polri.
  • Memperoleh ijin dari orang tua /wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
  • Tidak Terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
  • Bagi yang sudah bekerja tetap mendapat persetujuan /rekomendasi dari Kepala Instansi/satker.
  • Bersedia diberhentikan dari satus pegawai/anggota Polri bila diterima dan mengikuti Diktuk Taruna Akpol TA 2009.
  • Mengikuti dan Lulus Rik/Uji tingkat pusat dengan menggunakan sistem gugur.

Informasi selengkapnya hubungi Bagian Personil Polresta Bukittinggi.

86 Balasan ke PENERIMAAN TARUNA AKPOL TA 2009

  1. darmawan berkata:

    Pak klo gigi seri depan nya patah stngah terus di tampal . Gi mana itu pak apa kah masih lulus atau pengurangan nilai

  2. dicky berkata:

    pak, apakah pada saat tes kesehatan kita punya luka bakar diwajah bisa tetap lolos jika yang lainnya sehat pak?

  3. kurniade berkata:

    permisi pak, saya mau nanya.
    klo hyperhidran/apalah itu (tangan berkeringat) masih bisa lolos tes kesehatan ga ya?…

  4. Ronald Saputra berkata:

    Pak saya mau nanya, saya perokok udah mulai kelas 2 smp, sekarang saya kelas X SMA.. apakah saya masih bisa masuk akpol tolong d’jwab pak..

  5. Nana fahmi I berkata:

    pak mau tanya gigi depan saya punya dua siung tapi nonjol nggak rata apakah bisa lolos tes kesehatannya pak ?

  6. janaroh fahmi irodah berkata:

    pak mau tanya gigi depan saya punya dua gingsul tapi nonjol nggak rata apakah bisa lolos tes kesehatannya pak ?

  7. defry wibowo berkata:

    ass.. pak mau nanya.
    Klo gi2 seri sy ada yg patah 1 akibat kecelakaan. itu masih bisa mendftar polri ga?
    Trimakasih

  8. fedri berkata:

    pak gigi saya tidak rata pada bagian depan, tetapi alhamdulillah sehat dan tidak berlubang. apakah masih bisa diterima?

  9. syifa berkata:

    assalamualaikum, pak kalo gigi depan ada gigi yg kedepan (bersihung) apa masih lulus di kesehatan?

  10. pak apakah lulusan s2 bisa daftar akpol???/PPSS ada lulusan s2,,tapi kuotannya kecil hanya 50 yang diterima.

  11. tirangga berkata:

    selamat malam pakk..
    gimnaa kalau gigi sya ini bolong,apakah di terima di akpol pak..

  12. wahyu berkata:

    pak gigi saya hilang satu ya gimana pak apkah msih bisa daftar?????????

  13. citra prancisca berkata:

    kalo ada gigi yang bolong bagaimana mengatasinya

  14. citra prancisca berkata:

    gigi aku bolong pak gimana cara mengatasinya agar masuk akpol tolong di jawab ,makasi

  15. zakariya berkata:

    pak saya sekarang masih kuliah jurusan sistem informasi,apakah 1 tahun kedepan dibuka pendaftaran untuk jurusan tersebut..?????mohon info nya pak terima kasih

  16. Riswan Al Husaeri berkata:

    assalamu’alaikum pak. nama saya riswan, pak saya punya masalah dengan gigi saya yang bolong, apakah masih bisa masuk AKPOL pak, dan saya minta solusinya.?
    tapi saya punya keinginan yang kuat ingin masuk AKPOL karena itu cita-cita saya sejak masih SMP dan saya ingin menyenangkan keluarga saya terutama ibu saya. ..
    mhom di Jawab pak.

    Jawab :
    Biasanya gigi bolong harus dicabut atau ditambal, asalkan gigi serinya tetap utuh

  17. ariel berkata:

    selamat malam Pak.
    saya baru saja menyelesaikan program s-1 teknik informatika
    dan sekaligus adalah atlet karate full body contact yg menjuarai kejuraan nasional 2 kali.
    saya tertarik mendaftar menjadi sipss sekolah inspektur perwira sumber sarjana
    masalah fisik saya sudah oke.
    cuma tidak ada manusia yang sempurna.
    saya memiliki beberapa luka gores di wajah saya, yang mengganggu penampilan saya ?
    apakah masih mungkin saya diterima di pendidikan mengingat prestasi saya yg tingkat nasional ?
    trimakasih sebelumnya, saya tunggu balasannya Pak. selamat malam.😀

    Jawab :

    Dicoba aja dik, kalau ada rezekinya, akan tetap diterima.

  18. anna berkata:

    pak,, saya lulusan s1 psikologi…. bisa daftar jg gak pak????

    Jawab :

    Bisa, coba aja dik.

  19. rusmin berkata:

    as,,pak saya mau bertanya. Pak polisi apakah ada penerimaan polisi sarjanah sospol t.a. 2012. Z mhon infonya pak. Trimsss.

    Jawab :

    Ada, tunggu informasi lebih lanjut

  20. azzam fakhri berkata:

    pak saya meiliki bekas luka bakar langsung ditangan,,,,saya ingin mengikuti kepolisian,tapi katanya harus da orang dalem lah atau uang yang banyak lah,,,apa gak ada cara yang betul menggunakan otak pak??

    Jawab :

    Kamu harus optimis Dik, ada minat siapkan tekad daftar, kalau otak kamu mampu mempunyai kualifikasi Toefl 500 atau lebih Bahasa Inggris akan diberikan peluang besar untuk mengikuti pendidikan, gak ada itu urusan koneksi dan uang yang penting tekad dan kemampuan fisik dan mental serta kemampuan akademik diatas rata2. ok..

  21. ogiastora berkata:

    satu pertanyaan lagi boleh pak?? nih ane mao tnya klo kita lulusan smk bisa ngk pak masuk akpoll?????????

    Jawab :

    Lulusan SMK juga bisa dik !

  22. ogiastora berkata:

    assalam mualaikum saya ogi WB (Warga Boekittinggi)
    saya mau tanya nih pak klo kaki kita bekas kena air panas bisa ngk masuk akpol/ polisi???

    Jawab :

    Bekas luka bakar kalau gak sampai cacat fisik gpp, misalnya luka bakar sampai tangan bengkok, atau luka bakar sampai jari kakinya ada yang hilang, itu baru gak bisa.

  23. yoga berkata:

    selamat malam pak, maaf saya mau tanya sedikit, kalo merokok sudah hampir 5tahun bisa masuk Akpol gak pak? mohon jawabanya. terima kasih.

    Jawab: Merokok tidak ada halangan masuk Akpol yang penting lulus kesehatan

  24. lusia veronica berkata:

    gimana kalo dari sma pak ??
    apa udah ga bisa ya tamatan sma dftar akpol ???

    Jawab : Dari SMA tetap bisa, sedangkan yang dari sarjana namanya PPSS penerimaan perwira sumber sarjana.

  25. hilmi herdiansyah berkata:

    pak,,,apakah kalau kita sudah masuk menjadi taruna/taruni akpol&sudah mengikuti pendidikan apa masih bisa gugur/dipulangkan?

    Jawab : Asal sehat selamat dan tidak melakukan pelanggaran patal selama pendidikan sudah pasti dilantik jadi perwira polisi.

  26. reza: berkata:

    pak saya mau tanya ,, kal untuk yang akpol,,tapi berijazah s1 bisa ikut daftar pak?,trus batasan umurnya yang untuk sarjana s1 brapa pak?terima kasih sebelumnnya

    Jawab : Jawabannya lihat diatas udah dijelaskan !

  27. arix berkata:

    pak klo nulis dgn tngan kiri basa ikut sleksi pa g’ pak

    Jawab: Bisa aja, yang penting pandai-pandai dalam tes pura2 pakai tangan kananlah.

  28. bondhan sakri ariwibowo berkata:

    izin bertanya pak, untuk penerimaan perwira polri sumber sarjana (PPSS) untuk tahun 2010 bulan apa pendaftaranya?

    Jawab : Kalau sudah ada informasi nanti akan disebarkan rajin2 aja buka Polres Bukittinggi online.

  29. Reksi Andrianol berkata:

    Selamat Mlam Pak,
    Bgaimana syarat fisik seorang taruna akpol,
    soalnya saya mempunyai bekas luka di punggung saya.
    Terimaksih.

    Jawab: Persyaratan kesehatan biasa pada umumnya, bekas luka tidak masyalah asal tidak cacat aja

  30. ayatul ajizulghosi ibnu yakub berkata:

    slamt sore bpak polisi”
    saya ingn brtanya,thun 2010 untuk pnerimaan catar kpn lg??dan msh bisa lulusan ips??apa saja persyratannya??mhon pnjelasannya..

    Jawab : Insya Allah tetap ada tiap tahun persyaratan tidak jauh beda dengan tahun yang lalu silahkan lihat di bag informasi

  31. lukman hakim berkata:

    cayooo….polri..salam damai pak pak kira-kira jurusan psikologi buat tahun 2010 masih ada g y tolong tanggapannya ya pak.

    Jawab : Insya Allah tetap ada.

  32. de trisna berkata:

    ijin kepada bapak yg ad di semarang, saya pengen menjadi taruna akpol…………….saya siswa sma kls 3 dan tahun ini tamat terus bagaimana apakah ada bukaan untuk tahun 2010 dan apa apa saja persyaratannya untuk tamatan sma tahun ini??????????????????

    Jawab :
    Tunggu aja informasi lebih lanjut dan rajin ajalah mengunjungi blog ini.

  33. gunardi berkata:

    pak saya mw nanya klo s1 pertanian jurusan sosial ekonomi pertanian bs dftr akpol gx…? trima kasih sblmx

    Jawab :
    Bisa dik selamat mencoba, dan tunggu ada pengumuman lebih labjut tentang waktu pembukaan penerimaannya.

  34. pak, saya ingin masuk secaba tapi terhalang oleh gigi saya yang berlubang tiga.Apakah bisa masuk pak tolong pak solusinya mohon!!

    Jawab :
    Yang haarus sehat gigi depan saja, sedangkan gigi belakang kalau berlobang bisa dicabut.

  35. yuli berkata:

    asskum,,pak ikut taruni pke jilbb leh g y
    ?

    Jawab :
    Pake jilbab ya gak boleh dik, kalau di Polda NAD mungkin boleh

  36. Ricky indra p berkata:

    Ass.. Pak selamat mlm salam sjahtera bgi bapak2 kepolisian dimana pun berada.Saya mau tanya,apabila saya mau ikut seleksi tapi gigi saya berlubang bisa apa tidak ya pak.Trims….

    Jawab :
    Gigi depan harus rapi, kalau gigi belakang berlobang dapat dicabut

  37. Bas berkata:

    Pak, kalau umur berlebih 2-3 bulan dari umur maksimal yang ditentukan bagaimana ya pak?
    Umur saya bulan Juni 21 tahun, kalau pembukaan pendidikan bulan Agustus, berarti umur Saya sudah 21 tahun 2 bulan.. Mohon penjelasannya pak.. Lalu, saat ini lulusan akpol masih D3 atau sudah S1 pak? TK

    Jawab :
    Umur gak boleh lewat dik
    .

  38. Bas berkata:

    Pak, kalau umur berlebih 2-3 bulan dari umur maksimal yang ditentukan bagaimana ya pak?
    Umur saya bulan Juni 21 tahun, kalau pembukaan pendidikan bulan Agustus, berarti umur Saya sudah 21 tahun 2 bulan.. Mohon penjelasannya pak.. TK

    Jawab :
    Umur gak boleh lewat dari yang ditentukan walaupun satu hari dik.

  39. riri selvia n berkata:

    aslkm…
    pak kalau mau masuk akpol dari lulusan S1 Peternakan bisa tidak pak??
    maksii

    Jawab :

    Bisa dik coba aja moga berhasil.

  40. wisnu berkata:

    pak.. klo mau jadi taruna harus jurusan IPA/IPS dan saya ikut saka bhayangkara & sertifikat karate. apa itu mempengaruhi ???TRIMAKASIH

    Jawab :
    Jurusan IPA atau IPS keduanya bisa dik, sertrifikat karate bisa dilampirkan sebagai bahan pertimbangan.

  41. irvan berkata:

    pak apakah persyaratan yang mesti kam lakukan agar bisa masuk akpol

    trima kasih

    Jawab:
    Di lampiran pengumuman diatas ada disebutkan siapkan aja dik

  42. uyung berkata:

    Pak tahun depan masih ada apa tidak pendaftaran akpol 2010 dari sarjana

    Jawab :

    Insa Allah tetap ada dik.

  43. gufron frizzy berkata:

    kira kira tes akpol tahun 2010 pada bulan berapa pak….?

    Jawab:
    Kemungkinan sekitar pertengahan Februari ini dik, siap-siap aja, penerimaan pendidikan brigadir Polri saat ini sedang dalam tes.

  44. FERNANDO NAINGGOLAN berkata:

    selamat sore pak , saya pengen tau penilaian kesehatan gigi dinilai dari segi mana pak pada saat tes kesehatan AKPOL ?

    Jawab :
    Kearapian, kesehatan tidak retak dan tidak berlobang, gigi belakang boleh dicabut kalau ada yg retak atau berlobang.

  45. Robby Fajrin berkata:

    kalau nilai minimal UAN berapa sih untuk masuk AKPOL ?

  46. End berkata:

    Syalom.. Selamat siang pak..
    Kalau mau msuk taruna akpol..
    Seberapa banyak biayanya pak??

  47. betty berkata:

    pak….saya ank kolong.papah saya pengen saya jd akpol .saya cewk msh kelas 3 sma.kalo g kuliah g bisa daftar y?pak,kirimin saya kisi2 biar dterima donk….butuh berapa duit y kira2 buat masuk??

  48. ayank berkata:

    klw taruni akpol blh pk jlbb g???

  49. mahameru berkata:

    pantukhir 500jt bang…thn 2009…
    saya gagh punya uang sebanyak itu…jadi saya gagal.

  50. Lindha berkata:

    Syalom,,, pak, saya mau tanya… Apakah sarjana psikologi bsa msuk taruni akpol?? Trus syaratnya pa saja dan tinggi badan brp? Jga apakah perguruan tingginy harus terakreditasi? Kalo blom terakreditasi bisa gak pak. Trims

  51. Betti sandiwana berkata:

    Ass. Wr.wb. Pak saya mau tanya, lulusan akademi kebidanan bisa gak msk taruni akpol? Trus persyaratanya pa aja? Dan tinggi minimal brp, thanks

  52. Fransiska berkata:

    Ass. Pak saya mau tanya apakah sarjana psikologi bisa masuk taruna akpol? Trus pa harus prguruan tingginya terakreditasi A atau B. Thanks

  53. yustice v m berkata:

    Saya sekrg kls 3.bisakah ikut seleksi msk taruna akpol.minta pjlasannya.trmaksh.

    • martracho berkata:

      To.Yustice V M (Veby@yahoo.id) Sampai sekarang ini sebelum ada perubahan masih bisa dik, dengan melampirkan surat keterangan akan mengikuti ujian nasional yang ditandatanganni Kepala Sekolah, sebagai pengganti Ijazah sementara.

  54. DANI berkata:

    pak kapan ada penerimaan akpol 2010????
    tolong kirimkan persyaratannya di email saya….

  55. Buyung Norman Aliya berkata:

    Ass. pak, sy lihat di penerimaan taruna akpol 2009 yg lulusan S1 & S2 hanya untuk Jurusan Hukum, FiSIP /Sospol.. apakah untuk pendaftaran 2010 nanti lulusan S1 Jurusan Ekonomi Manajemen tidak ada pak…?saya sangat berharap untuk masuk Akpol..mksh.

    setiap periode peraturan berubah, mudah-mudahan tahun depan bisa daftar.

  56. yofran berkata:

    asalamualaikum bapak???….
    saya sangat senang & bangga bisa masuk akpol tahun 2010 mendatang…….

    saya bangga dengan kemampuan dan cara kerja dari bapak2 akpol semua.dengan semangat yang kuat dan kegigihan bapak bisa membawa nama baik bangsa&menciptakan keadilan di negara kita ini.
    berjuanglah terus bapak demi bangsa dan negara kita???…dan ciptakan keadilan di negara kita dengan seadil adilnya.
    trimakasih bapak…….

  57. wawan berkata:

    ass,Pak saya pengen banget bisa lulus masuk akpol tahun 2010 mendatang ?? bisa agak yaa

    Coba aja dik…yang penting kemauan dan usaha keras…

  58. Aris murdoko berkata:

    Saya mO TNYA
    UNTUK pembukaan pendftaran
    akpol
    apakah diadakan tahap ke 2 trims

    tiap tahun hanya satu tahap, coba aja tahun berikutnya…(tahun depan)

  59. achmad badarudin berkata:

    asalamualaikum,,..

    saya ingin bertanya,,, apa beda taruna ditingkat SMA dengan taruna tingkat SI????

    Terimakasih pak..

    Dari SMU pendidikannya 4 thn sedangkan dari S1 pendidikannya 2 thn..

  60. ade sagala berkata:

    selamat malam pak,
    saya mau tanya,tahun 2010 masih bisa mendaftar AKPOL dari SMA?

    Masih ada dik..

  61. ronal berkata:

    saya mau tanya kalau dari sarjana pertanian bisa gak y pak????

    Bisa, coba aja moga berhasil..

  62. Anggie berkata:

    saya mau tanya pak?
    kalau dari teknik pertanian S1 apa bisa ikut tes akpol?
    terima kasih pak…

    Bisa, coba aja moga berhasil..

  63. banu berkata:

    selamat malam pak. saya sekarang sedang menjalani kuliah s1 jurusan kesejahteraan sosial di fisip UI, apakah saya bisa mengikuti seleksi AKPOL sumber sarjana s1, mohon petunjuknya terima kasih

    Ya bisa aja asal udah selesai kuliahnya/ sarjana

  64. Lin@ berkata:

    Saya mau tanya, dalam satu tahun biasanya penerimaan Taruna Akpol ada berapa priode? thank’s!!!!


    Satu kali setahun dik…

  65. erico berkata:

    apakah bisa seandainya badan saya kurus masuk akpol, tetapi saya mempunyai sertifikat kejuaraan karate ?

    trimakasih


    Coba aja dik, yang penting usaha keras dan kemauan moga berhasil…

  66. ryza berkata:

    saya masih penasaran ingin mencoba masuk akpol secara murni.
    saya akan terus berjuang sampai kesempatan saya habis.

    semakin kedepan saya merasakan penerimaan akpol semakin murni dan bersih dari KKN.saya sangat bangga bila bapak2 polri bisa membpertahankanya.

  67. andry berkata:

    pak,kalo dari S1 teknik mesin apakah bisa???bisa juga kan????trims

    Bisa dik, coba aja moga sukses…

  68. riki berkata:

    saya mau tanya pak, apakah s1 komputer bisa daftar?

    terima kasih banyak sebelumnya pak !

    : Bisa dan boleh daftar coba aja mudah-mudahan berhasil..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s